Skip to main content

Vitamin untuk daya tahan tubuh di masa pandemi seperti sekarang ini, sangat penting untuk dijaga. Mulai dari pola makan, pola tidur, jadwal olahraga, hingga asupan vitamin serta nutrisi harus selalu kamu perhatikan. Mengonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh menjadi salah satu pilihan yang dapat kamu lakukan untuk tetap menjaga imunitas tubuh.

Dengan mengonsumsi vitamin secara rutin, kesehatan tubuh akan lebih terjaga dan kamu pun dapat terlindung dari berbagai ancaman penyakit. Sejumlah vitamin memiliki kandungan serta nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa vitamin untuk daya tahan tubuh selama masa pandemi.

 

1. Vitamin B

Salah satu vitamin untuk daya tahan tubuh yang mampu meningkatkan imunitas salah satunya adalah Vitamin B. Vitamin ini memegang peranan penting dalam metabolisme tubuh dan produksi energi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi kandungan vitamin B yang cukup, kekebalan tubuh seseorang dapat selalu berada pada kondisi yang optimal.

Vitamin B Complex juga membantu untuk menjaga kesehatan tubuh juga dapat diperoleh dari berbagai makanan seperti kentang, buncis,  ikan, telur, susu, yoghurt, daging merah hingga minuman seperti jus jeruk. Manfaat lain dari vitamin B juga sangat penting bagi perempuan yang sedang hamil atau menyusui.

Dengan rutin mengonsumsi vitamin B, perkembangan otak janin akan berjalan dengan baik dan mampu mengurangi risiko cacat saat kelahiran. Vitamin B sendiri dapat kamu temui pada berbagai bahan makanan biji-bijian, kacang-kacangan, susu, daging ayam, ikan, serta beberapa sayuran seperti brokoli, tomat, dan paprika. Vitamin B sendiri termasuk vitamin yang dapat larut dalam air, sehingga kandungannya tidak dapat disimpan dalam tubuh. Oleh karena itu kita harus rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B untuk tetap menjaga kekebalan tubuh.


Baca Juga: 
5 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

 

2. Vitamin C

Vitamin kedua yang juga dapat meningkatkan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu adalah vitamin C. Kandungan vitamin C dianggap mampu mendukung produksi interferon dalam tubuh yang berfungsi untuk menghadang keberadaan patogen yang terdeteksi. Sehingga dengan rutin mengonsumsi vitamin C, patogen-patogen yang berisiko masuk ke dalam tubuh akan mampu dicegah.

Selain itu vitamin C juga memiliki beberapa manfaat lain untuk tubuh, mulai dari meningkatkan produksi sitokin oleh sel darah putih yang dapat meningkatkan respons imun, membantu produksi kolagen serta penyembuhan luka pada tubuh, hingga mampu bertindak sebagai antioksidan yang bertugas untuk melindungi sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Vitamin C sendiri bisa kamu dapatkan dari makanan-makanan dengan rasa asam dan beberapa jenis buah atau sayur seperti stroberi, pepaya, dan bayam.

Bagi kamu yang membutuhkan suplemen ataupun vitamin C tambahan, Blackmores Vitamin C 500 yang tersedia dalam botol (berisi 60 tablet) dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan mengonsumsi Blackmores Vitamin C 500 secara rutin, kesehatan serta daya tahan tubuhmu akan selalu terjaga. Selain itu, berkhasiat juga untuk menangkal radikal bebas dan menjaga elastisitas kulit.

 

3. Vitamin A

Vitamin selanjutnya yang juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama masa pandemi adalah vitamin A. Vitamin A dapat ditemui pada berbagai jenis sayuran yang berwarna hijau. Vitamin A juga bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan (nabati atau hewani) seperti daging-dagingan, produk olahan susu, buah labu, wortel, dan ikan tuna.

Vitamin A dalam tubuh berperan sebagai antioksidan yang memiliki fungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan mengombinasikan konsumsi vitamin A dan vitamin C secara rutin, tingkat kekebalan tubuh atau imunitas akan selalu terjaga. Kandungan vitamin A sendiri mampu untuk melindungi membran sel serta sel epitel dari radikal bebas. Hal tersebut membuat pertumbuhan sel menjadi baik dan dapat beregenerasi secara optimal.

Selain untuk menjaga daya tahan tubuh, vitamin A juga dapat menjaga kesehatan mata. Blackmores Vitamin A 5000 menjadi pilihan banyak orang untuk tetap mencukupi kebutuhan vitamin A sehari-hari selama masa pandemi.

 

4. Vitamin D

Jenis vitamin terakhir yang juga dapat meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuhmu adalah vitamin D. Vitamin yang mampu larut dalam lemak ini terbukti mampu mengaktifkan respon imun yang diperlukan setiap kali patogen ingin masuk ke dalam tubuh. Selain itu, vitamin D juga memiliki fungsi lain yang bersifat anti-inflamasi dan imunoregulasi.

Dengan kedua sifat tersebut, vitamin D berperan dalam membuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus, bakteri, serta zat patogen lain yang ingin masuk ke dalam tubuh. Seseorang yang kekurangan vitamin D akan lebih berisiko tertular penyakit atau virus, terlebih di era pandemi seperti sekarang ini.

Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin D antara lain seperti ikan tuna, jus jeruk, serta ikan salmon.

Jika kamu mencari vitamin D tambahan yang berdosis tinggi, Blackmores Vitamin D3 1000 IU yang tersedia dalam botol (berisi 60 kapsul lunak) merupakan pilihan terbaik. Dengan kandungan vitamin D yang berdosis tinggi, Blackmores Vitamin D3 1000 IU cocok untuk dikonsumsi orang yang lanjut usia, ibu hamil atau menyusui, serta penderita autoimun.


Baca Juga: 
5 Fungsi Vitamin E untuk Kebutuhan Nutrisi Harian

 

Yuk, Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi

Di tengah kondisi seperti saat ini, kesehatan menjadi hal yang harus selalu dijaga. Dengan kondisi tubuh yang selalu sehat dan bugar tentu saja akan mengurangi risiko kamu untuk tertular berbagai penyakit. Oleh karena itu, selalu jaga pola hidup yang sehat serta konsumsi vitamin dan suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Atlas Health sebagai apotek resmi di Indonesia dengan produk terlengkap mulai dari obat OTC, kronis, ethical, vitamin, hingga suplemen siap membantu kebutuhanmu!

Konsultasikan kebutuhan obat, vitamin, serta suplemenmu dengan Atlas Health secara mudah, aman, dan nyaman sekarang juga!

Referensi:

Leave a Reply