Skip to main content

Kenali Gejala & Perawatan untuk Sindrom Mata Kering

Sindrom mata kering merupakan kondisi yang membuat mata merasa tidak nyaman karena gatal dan perih. Hampir setiap orang pernah mengalami mata kering dan penyebabnya pun beragam. Ada yang karena terlalu lama menatap komputer atau terlalu fokus pada sesuatu.

Secara umum, mata kering tidak memiliki efek yang serius, namun jika dibiarkan memiliki potensi yang lebih jauh untuk mengganggu penglihatan kamu. Untuk itu, sebaiknya kamu mengenali dengan baik apa saja penyebab mata kering dan bagaimana merawatnya.

Penyebab Terjadinya Mata Kering

Sebagaimana namanya, mata yang kering artinya tidak memiliki cukup cairan untuk menjaga kelembabannya. Kurangnya cairan di dalam mata dapat dipicu oleh banyak hal, tetapi yang paling umum adalah terlalu lama menghabiskan waktu di depan komputer.

Hal lain yang bisa menjadi penyebab sindrom mata kering adalah kondisi yang berangin, baik itu di dalam ruangan yang terlalu dingin atau ruangan yang menggunakan pemanas. Menggunakan lensa kontak mata dalam waktu lama juga bisa memicu mata kering.

Selain faktor-faktor dari eksternal, mata kering juga bisa disebabkan oleh faktor internal tubuh, misalnya efek samping dari konsumsi obat tertentu atau kelainan mata yang salah satu gejalanya adalah mata kering.

Baca Juga: 6 Manfaat Energi bagi Tubuh dalam Aktivitas Sehari-Hari

Gejala dari Mata Kering

Saat mengalami mata kering, tentunya kamu akan merasa sangat tidak nyaman karena ada yang berbeda dengan kondisi mata. Penglihatan akan terganggu dan bahkan bisa berpengaruh kepada produktivitas kamu.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui apa saja gejala dari mata kering agar dapat segera mengobatinya. Umumnya, sindrom mata kering akan membuat kamu merasakan sensasi terbakar di permukaan mata.

Sensasi ini akan membuat kamu lebih nyaman untuk memejamkan mata dalam waktu lama karena sangat perih jika digunakan untuk melihat sekitar. Terkadang, kamu mungkin juga mengalami pandangan mata yang kabur dan tidak fokus ke titik yang dituju.

Gejala lain yang mungkin kamu rasakan adalah mata merah atau meradang, sensitif terhadap cahaya yang terlalu terang atau yang biasa disebut dengan photophobia, dan gatal yang konsisten. Selain gejala yang umum di atas, kamu juga mungkin mengalami gejala lain.

Baca Juga: Apa Itu Antioksidan? Kenali Sumber dan Fungsinya!

Perawatan Mata Kering

Berkaitan dengan perawatan, kamu bisa memilih dua cara, yaitu pencegahan atau pengobatan. Pencegahan adalah perawatan yang paling baik agar tidak sampai terkena sindrom mata kering.

Diantara pencegahan yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan kaca pelindung saat melakukan aktivitas yang menuntut kerja mata, menghindari asap atau polusi udara, mengistirahatkan mata dengan cukup agar kadar airnya stabil.

Namun, jika kamu terlanjur mengalaminya, umumnya pengobatan yang pertama kali dilakukan adalah meneteskan air mata  buatan yang biasanya menggunakan obat tetes mata. Penggunaan obat tetes mata ini berfungsi untuk mengembalikan cairan mata.

Jika kondisi mata bisa kembali membaik setelah memberikan air mata buatan, maka kamu bisa melakukan langkah pencegahan agar tidak terulang lagi mengalami mata kering. Namun, jika kondisimu tidak segera membaik, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Pasalnya, pada kasus mata kering yang ekstrem memerlukan tindakan khusus yang lebih lanjut daripada sekadar meneteskan air mata buatan. Kondisi tersebut juga bisa jadi dipicu oleh adanya gangguan lain di dalam mata.

 

Perhatikan Gejala Mata Kering

Secara umum, mata kering disebabkan oleh aktivitas yang menuntut kerja mata ekstra, akhirnya membuat cairan di dalam mata tidak dapat melumasi mata dengan baik. Jika kamu mendapati gejala yang dialami, segera lakukan pengobatan sederhana atau pergi ke dokter.

Atlas Health adalah apotek online di Indonesia yang menjual berbagai kebutuhan vitamin, obat-obatan dari OTC, kronis, ethical, vitamin hingga suplemen dan multivitamin untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Konsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh saat pandemi seperti ini adalah hal yang patut diperhatikan. Pembelian berbagai vitamin hingga resep obat dapat Anda lakukan di Atlas Health dengan mudah, aman dan nyaman. Sebelum membeli, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu.

 

Referensi:

Produk Terkait

Leave a Reply