Skip to main content

Penyebab Sakit Gigi Hingga Cara Mengobatinya

Penyebab sakit gigi di berbagai kalangan sudah pasti dikarenakan makanan-makanan yang manis. Selain itu, kebiasaan buruk yang sering kali lupa menggosok gigi. Kebiasaan dan pola hidup yang seperti ini jelas membuat bakteri menempel pada gigi. 

Pasalnya, sakit gigi biasanya dapat datang dengan tiba tiba dan mampu mengganggu aktivitas karena nyeri yang diakibatkannya. Jika sudah begini, penting untuk kamu mengetahui penyebab sakit gigi agar bisa mengatasinya dengan baik.

Penyebab dari Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang paling umum diderita oleh masyarakat. Bahkan hampir semua orang pernah mengalaminya, setidaknya sekali seumur hidup. Dimana sakit gigi sendiri dapat diderita oleh berbagai kalangan usia, baik anak anak maupun orang dewasa.

1. Konsumsi Makanan Manis 

Konsumsi makanan manis menurut riset dan pembahasan dari berbagai media kesehatan dan WHO menyatakan bahwa gula memang merusak gigi. Ini disebabkan karena kandungan asam yang terbentuk dari sisa makanan yang masih menempel dengan rasa manis yang masuk. Sehingga, ini menyebabkan terbentuknya asam dan nyeri pada gigi. 

Anak-anak umumnya lebih rentan mengalami sakit gigi lantaran gemar mengonsumsi makanan manis dan belum dapat menjaga kebersihan gigi itu sendiri dengan baik. Perlu diketahui, bahwa banyak mengonsumsi makanan manis memang dapat berpengaruh pada sakit gigi.

Baca juga: Daftar Makanan yang Bergizi, Makanan Lezat Untuk Penuhi Kebutuhan Sehari-Hari

2. Sensitivitas Gigi

Penyebab dari sakit gigi ini bisa amat beragam, salah satunya yaitu sensitivitas gigi itu sendiri. Dimana tidak semua orang memiliki kondisi gigi sensitif, dan bagi mereka yang memilikinya maka bisa merasakan rasa sakit gigi tersebut ketika lapisan dentin terekspos oleh suhu panas atau dingin.

3. Kotoran Gigi Seperti Plak

Penyebab sakit gigi lainnya adalah karena bagian tubuh ini mengalami kerusakan, akibat dari adanya erosi serta pembentukan rongga pada permukaan luar. Ini terjadi ketika plak sudah menumpuk, sehingga menghasilkan asam yang membuat lubang pada gigi.

4. Radang Gusi

Masalah pada gusi juga bisa berakhir menjadi sakit gigi karena letaknya yang berdekatan. Beberapa masalah pada gusi yang bisa berdampak pada sakit gigi di antaranya yaitu radang gusi atau gingivitis dan infeksi gusi atau periodontitis.

5. Bleaching Gigi

Selain itu, beberapa bentuk perawatan gigi terkadang juga bisa menjadi pemicu munculnya sakit gigi yang dirasakan. Misalnya prosedur bleaching gigi yang membuatnya menjadi lebih sensitif, bahkan terkadang terjadi iritasi, membuat bagian ini terasa ngilu dan nyeri.

Kapan Harus Pergi ke Dokter ?

Karena penyebab sakit gigi bisa sangat beragam, memang banyak sekali orang yang pernah mengalami hal ini dan tidak semua dari masyarakat ini langsung melakukan konsultasi ke dokter. Mengingat bahwa sakit gigi yang terjadi seringnya tidak sampai mengancam nyawa.

Kendati demikian, kamu tidak boleh menyepelekannya begitu saja. Pasalnya dalam beberapa kasus, sakit gigi bisa menjadi tanda dari kondisi serius yang memerlukan penanganan medis dengan segera.

Jadi apabila sakit yang anda rasakan cukup parah, maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Nantinya dokter bisa melakukan langkah langkah penanganan medis, seperti penambalan, perawatan saluran akar, atau bahkan mencabut gigi yang sakit.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa ke Dokter

Apabila sakit gigi yang kamu rasakan tidak terlalu parah, misalnya karena penyebab sakit gigi ringan, maka kamu juga bisa melakukan beberapa tindakan di rumah untuk mengatasinya. Misalnya dengan mengompres menggunakan es batu, sebab sakit gigi umum disertai dengan pipi yang bengkak.

Selain meredakan bengkak yang ada, kompres menggunakan es batu dapat membantu mengurangi nyeri dan perdarahan dalam jaringan gusi. Atau kamu juga bisa melakukan kumur air garam, yang terbukti dapat meredakan peradangan dan rasa sakit di gigi maupun gusi.

Meski sakit gigi terkesan sebagai penyakit ringan, namun menderita sakit ini tentu membuat aktivitasmu terganggu bahkan bisa berdampak pada bagian bagian tubuh yang lain. Maka dari itu, mencegah sakitnya terjadi tentu lebih baik dari mengobatinya.

Dalam hal ini, kamu bisa melakukan beberapa hal untuk merawat kesehatan gigi seperti sikat gigi minimal dua kali sehari, melakukan teknik sikat gigi yang benar, hingga memilih sikat serta pasta gigi yang tepat. 

Konsumsi Vitamin Agar Gigi Kuat

Beberapa media kesehatan menyatakan bahwa menjaga kesehatan gigi tidak hanya rutin melakukan perawatan dan membersihkan rongga mulut dan gigi dengan benar. Namun, Anda juga perlu mengonsumsi berbagai vitamin penting untuk tubuh seperti konsumsi Vitamin A dan kalsium.

Selain mengontrolnya dengan makanan sehat, Anda juga perlu memperlengkapi diri dengan berbagai multivitamin agar fungsi metabolisme dalam tubuh semakin maksimal.

Atlas Health adalah apotek online yang melayani berbagai kebutuhan obat-obatan hingga multivitamin untuk kebutuhan kesehatan Anda. Layanan konsultasi tersedia hingga 24 jam di Atlas. Beli obat menjadi lebih aman, nyaman dan mudah di Atlas! 

Referensi:

Produk Terkait

Leave a Reply