Skip to main content

Morning sickness adalah gejala yang sering dialami oleh ibu hamil pada minggu ke-6 hingga minggu ke-12. Gejala morning sickness kerap kali datang karena dipicu oleh beberapa hal seperti bau, makanan pedas hingga perubahan suhu. 

Masalah morning sickness adalah kondisi yang sangat umum ketika masa kehamilan. Biasanya, wanita hamil akan merasakan mual yang cukup intens pada pagi hari. Seperti apa gejala yang satu ini? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Pengertian Mengenai Morning Sickness

Pada masa kehamilan trimester pertama sampai dengan kedua, umumnya wanita hamil akan mengalami beberapa gejala. Salah satunya yaitu kondisi morning sickness atau yang lebih dikenal dengan mual dan muntah. 

Kondisi ini sangat normal terjadi pada wanita hamil pada masa kehamilan. Meskipun tidak membahayakan bagi ibu serta janin, namun keadaan ini mampu mempengaruhi kegiatan sehari hari. Sehingga, ibu perlu mengatasinya dengan langkah yang tepat. 

Baca juga:  5 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil, Ketahui Ini Syaratnya!

Ciri Ciri Morning Sickness pada Ibu Hamil

Berbagai gejala biasanya akan muncul sejak awal kehamilan dan membaik dengan sendirinya pada usia minggu 12 kehamilan. Agar tidak semakin parah, maka kamu perlu mengetahui gejala dari kondisi tersebut. 

Gejala utama kondisi morning sickness adalah ditkamui dengan mual dan muntah. Hal ini biasanya dipicu akibat aroma tertentu, suhu panas, hingga makanan. Selain itu, gejalanya juga ditkamui dengan kehilangan nafsu makan, bahkan efek psikologis seperti kecemasan dan depresi. 

Waktu yang Tepat Pergi ke Dokter

Mual dan muntah memang menjadi gejala yang sangat umum pada ibu hamil. Namun, selama kehamilan, ibu perlu memeriksakan diri lebih sering ke dokter. Apalagi jika gejalanya semakin parah, maka ibu hamil perlu menemui  dokter untuk mendapatkan penangan yang tepat. 

Oleh karena itu, ibu hamil wajib kontrol secara rutin ke dokter agar menjaga kehamilan tetap sehat. Direkomendasikan kunjungan ke dokter mulai dari minggu ke empat sampai 28 selama sebulan sekali. 

Untuk minggu ke 28 hingga 36, maka kunjungan ditingkatkan menjadi dua minggu sekali. Sementara itu pada minggu ke 36 sampai dengan 40, datang ke dokter bisa dilakukan seminggu sekali. 

Apabila perlu, ibu hamil akan diminta oleh dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut pada dokter untuk memantau kehamilan. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya komplikasi selama masa kehamilan. 

Cara Mengatasi Morning Sickness dengan Mudah

Morning sickness adalah kondisi yang umum terjadi dan bisa dicegah dengan cara menghindari makanan yang bisa memicu rasa mual ataupun muntah. Caranya dengan menghindari konsumsi hidangan yang terlalu banyak gula, panas atau pedas. Selain menghindari pemicunya, ini beberapa hal perlu kamu patut lakukan:

1. Makan Secara Perlahan 

Tak hanya itu saja, ibu hamil juga dianjurkan untuk makan secara perlahan dalam porsi lebih sedikit dan sering. Ketika mengalami gejala morning sickness, ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan asin, pisang, jagung, serta minuman yang mengandung jahe. 

2. Minum Air Putih dan Hindari Kafein

Ibu hamil yang mengalami gejala mual dan muntah sebenarnya bisa melakukan beberapa cara untuk meredakannya. Salah satu caranya yaitu dengan minum air putih dan menghindari makanan atau minuman berkafein. 

3. Istirahat yang Cukup

Selain itu, istirahat yang cukup juga menjadi langkah mudah untuk meredakan gejala mual dan muntah. Tak hanya itu saja, saat bangun tidur ibu hamil dianjurkan untuk makanan ringan dulu sebelum beranjak dari tempat tidur. 

Dengan mengetahui morning sickness adalah gejala yang umum terjadi, maka ibu hamil tidak perlu khawatir jika mengalami kondisi tersebut. Cukup jaga asupan gizi yang tepat dan menghindari makanan atau minuman tertentu. 

Ibu hamil yang mengalami kondisi morning sickness bisa saja khawatir jika mual atau muntah sudah parah dan disertai dengan gejala lainnya. Untuk itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengunjungi dokter secara rutin agar kesehatan ibu dan janin bisa terpantau. 

Jaga Kesehatan Janin Sejak Awal Kehamilan

Kesehatan janin dapat dijamin sejak awal kehamilan dengan memiliki pola makan yang sehat. Perhatikan juga konsumsi multivitamin yang mengandung asam folat, asupan zat besi, kalsium, vitamin D hingga yodium. Kandungan vitamin untuk ibu hamil dapat kamu dapatkan pada Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold juga Blackmores I-Folic

Perhatikan untuk menghindari konsumsi alkohol saat kamu hamil, ini dapat mempengaruhi tumbuh kembang bayi pada trimester pertama. 

Atlas Health adalah apotek online yang dapat melayani kebutuhan konsumsi multivitamin hingga resep obat. Hadir menjadi solusi untuk kebutuhan kesehatan kamu.  Lakukan konsultasi dan pembelian obat dengan mudah, aman dan nyaman di Atlas Health! 

Baca juga: Kembang Bayi 0-6 Bulan

 

Referensi:

Produk Terkait

Leave a Reply