Skip to main content

4 Manfaat Konsumsi Minyak Ikan Untuk Si Kecil

Manfaat minyak ikan untuk anak tentunya sangat berperan pada pembentukan sel otaknya. Usia 2 -12 tahun adalah waktu yang tepat untuk menunjang perkembangan sistem saraf anak Anda. Usia 13-18 tahun penting untuk mengembangkan saraf otak dan untuk usia 19 tahun ke atas minyak ikan lebih berperan untuk menurunkan resiko penyakit stroke. 

Manfaat omega-3  pada minyak ikan ternyata memberi manfaat daripada omega-3 yang berasal dari tumbuhan. Jadi, apa saja manfaat minyak ikan untuk anak? Simak ulasannya.

1. Meringankan Gejala Asma 

Penyakit asma adalah salah satu jenis penyakit yang memiliki jangka waktu cukup panjang yang mengganggu saluran pernapasan. Tanda penyakit ini bisa berupa peradangan serta terjadinya penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak napas atau kesulitan untuk bernapas. 

Sebenarnya penyakit satu ini belum diketahui penyebab pastinya secara jelas, namun terdapat beberapa hal yang kerap menjadi pemicu penyakit asma. Misalnya seperti debu, bulu binatang, udara dingin, bahkan paparan asap rokok.

Menjadi kabar baik untuk orang tua, pasalnya untuk dapat meringankan gejala asma pada anak bisa dengan mengkonsumsi omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan. Seperti yang sudah diketahui bahwa saat ini sudah banyak varian vitamin anak yang juga mengandung minyak ikan. 

Bahkan sebuah penelitian mengatakan bahwa anak yang mengkonsumsi kapsul minyak ikan berisi kisaran 120 miligram kombinasi DHA dan EPA setiap harinya, mampu menurunkan gejala asma yang kerap dirasakan oleh penderitanya. 

Baca juga: 5 Manfaat Glukosamin untuk Penuhi Kebutuhan Tubuh

2. Menurunkan Gangguan Tidur

Selain meringankan gejala asma yang dialami oleh si kecil, manfaat minyak ikan untuk anak juga bisa untuk menurunkan gangguan tidur. Perlu diketahui juga, bahwa gangguan tidur ini sering menyerang 4 persen dari anak anak yang berusia di bawah 18 tahun. 

Pada penelitian yang melibatkan kisaran 395 anak dengan kadar omega-3 yang ada dalam darah, menunjukkan bahwa mereka memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami masalah gangguan tidur. 

Tidak hanya itu saja, ternyata dengan memberikan kisaran 600 miligram DHA lebih dari waktu 16 minggu ternyata bisa menurunkan gangguan tidur dan juga menambah waktu tidur 1 jam di setiap malamnya. 

3. Atasi Permasalahan ADHD

ADHD atau attention deficit hyperactivity disorder merupakan gangguan mental yang menyebabkan anak sulit untuk dapat memusatkan perhatian. Selain itu, mereka juga memiliki perilaku yang cenderung hiperaktif, alhasil akan berdampak pada prestasinya di sekolah.

Kondisi ini tentunya membuat orang tua perlu untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan juga saraf si kecil. Disinilah peran omega 3 yang berasal dari minyak ikan mampu mengatasi permasalahan tersebut. 

Manfaat minyak ikan untuk anak yang mengandung omega 3 ini juga bekerja untuk fungsi otak. Di samping itu, kemampuan mengingat juga memiliki kandungan kisaran 60 persen lemak tak jenuh ganda dari omega 3 dan omega 6. 

4. Bantu Kurangi Risiko Diabetes Pada Anak

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Brain Research, minyak ikan diklaim mampu mengurangi resiko si kecil untuk mengalami diabetes dan juga penurunan perkembangan kognitif. 

Adapun pengertian diabetes yaitu penyakit kronis yang ditandai dengan adanya ciri ciri berupa tingginya kadar glukosa di dalam darah seseorang. Apabila tidak dikontrol secara optimal, penyakit ini dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi yang membahayakan. 

Dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa minyak ikan mampu menjaga sel hippocampus dari kerusakan. Sel itulah yang nantinya menjadi penyebab utama terjadinya komplikasi diabetes tipe dua pada anak, yakni mikrovaskuler dan juga kardiovaskuler. 

Omega 3 dan Kesehatan Tubuh 

Maka dari itu konsumsi omega 3 disini menjadi peran penting untuk kesehatan tubuh si kecil dan juga menjaganya dari ancaman berbagai penyakit. Termasuk juga manfaat minyak ikan untuk anak yang dapat mencegah terjadinya diabetes

Minyak ikan sendiri merupakan kandungan minyak yang diekstraksi dari jaringan ikan. Kandungan omega 3 yang ada dalam minyak ikan itulah yang dianggap memiliki beragam manfaat kesehatan tubuh si kecil agar tumbuh kembang lebih optimal.

Referensi:

Leave a Reply