Skip to main content

Manfaat Asam Folat Bagi Wanita yang Ingin Hamil

Setiap wanita yang sudah menikah pasti ingin segera hamil dalam kondisi lancar. Untuk itu, asam folat memiliki peran penting yang wajib dipenuhi dalam jumlah cukup. Sebelum mengetahui manfaat asam folat bagi wanita yang ingin hamil, mari kenali pengertian asam folat berikut.

Apa Itu Asam Folat?

Asam folat merupakan salah satu nutrisi dalam tubuh yang dibutuhkan oleh pasangan ketika ingin mendapatkan momongan. Nutrisi ini dapat kamu temui pada daging dan berbagai sayuran hijau yang memiliki kandungan vitamin B

Dengan kehadiran nutrisi asam folat dalam jumlah cukup, tubuh dapat memproduksi DNA dengan cukup. Lebih dari itu, pemenuhan nutrisi yang satu ini nyatanya memiliki peran penting bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

Baca juga: 5 Manfaat Asam Lemak Ikan Untuk Tubuh Lebih Sehat

1. Meningkatkan Kesuburan 

Tak hanya bagi wanita, asam folat sangat dibutuhkan oleh pria agar pasangan dapat segera mendapatkan momongan. Hal ini karena kualitas sperma sangat ditentukan oleh beberapa kandungan nutrisi dan antioksidan, yaitu asam folat, seng (zinc) dan protein.

Manfaat asam folat bagi wanita yang ingin hamil juga dibutuhkan dalam meningkatkan kesuburan. Lazimnya, kandungan nutrisi ini memiliki fungsi untuk memelihara kesehatan indung telur (ovarium) mulai dari pembuahan hingga pembentukan janin.

2. Pertumbuhan Janin 

Tak berhenti sampai disitu, pemenuhan nutrisi asam folat yang baik dapat menunjang proses pertumbuhan janin dalam kandungan. Terlebih lagi dalam hal pembentukan organ dan jaringan tubuh janin.

3. Mencegah Preeklamsia

Sayangnya, masalah preeklamsia seringkali menghantui kondisi kehamilan. Preeklamsia atau komplikasi kehamilan merupakan masalah yang bisa terjadi pada siapa saja. Kondisi ini terjadi akibat masalah pembengkakan, tekanan darah tinggi dan meningkatnya jumlah protein dalam urin.

Meski terlihat sepele, masalah preeklamsia yang tidak segera ditangani dapat membahayakan bumil dan janin. Penyebab timbulnya masalah preeklamsia bahkan belum diketahui dengan pasti. 

Hasil beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa masalah preeklamsia terjadi karena kekurangan nutrisi. Kekurangan pemenuhan asam folat dalam tubuh sangat rentan mengalami masalah ini. Untuk itu, manfaat asam folat bagi wanita yang ingin hamil dapat mencegah preeklamsia.

4. Proses Pembuahan Janin yang Sehat 

Kebutuhan nutrisi asam folat yang terpenuhi dengan baik dapat menjadikan proses kehamilan dapat berjalan dengan lancar. Termasuk pada masa proses pembuahan hingga melahirkan janin yang sehat.

Hal ini karena kekurangan nutrisi yang satu ini pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko keguguran. Begitu pula, kekurangan asam folat dalam tubuh juga dapat mempengaruhi kondisi persalinan prematur karena beberapa kejadian tak terduga pada masa kehamilan.

Pemenuhan asupan asam folat dapat dilakukan dengan mudah. Lazimnya, kamu hanya perlu mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung nutrisi ini. Sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, jagung, gandum, produk susu, ayam, telur, daging dan ikan sangat direkomendasikan.

5. Menghilangkan Resiko Bayi Lahir Cacat 

Selain itu, manfaat asam folat bagi wanita yang ingin hamil dapat mengatasi risiko bayi lahir cacat. Termasuk kondisi neural tube defect (NTD), gangguan saluran kemih, penyempitan katup lambung maupun berbagai kondisi kekurangan lainnya.

Pemenuhan asam folat pada saat pembentukan dan perkembangan janin mempengaruhi pertumbuhan sel plasenta dengan sangat cepat. Folat bahkan sangat diperlukan dalam membentuk sel darah merah, serta mempengaruhi proses produksi dan fungsi DNA dengan baik.

Konsumsi Asam Folat Baik Untuk Ibu dan Janin! 

Untuk itu, The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyarankan para wanita yang ingin hamil untuk mengkonsumsi 0,4 mg folat/hari. Mengkonsumsi asupan ini juga disarankan untuk dilakukan sebelum konsepsi dan pada trimester pertama.

Nutrisi asam folat memiliki peran penting dalam proses pembuahan hingga kelahiran bayi. Untuk itu, wanita yang berada pada masa subur sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi ini. 

Adapun berbagai jenis makanan yang mengandung asam folat adalah asparagus, brokoli, bayam, kacang-kacangan, jeruk, bit, pepaya, pisang hingga hati sapi. Untuk menjaga kesehatan ibu dan janin, maka sering mengonsumsi makanan-makanan bergizi, suplemen vitamin, dan makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi

Atlas Health adalah apotek online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin membeli obat secara online. Pembelian terjamin mudah, aman dan nyaman. 

Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu untuk berbagai kebutuhan vitamin, obat-obatan dari OTC, kronis, ethical, vitamin hingga suplemen dan multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh Anda! 

Baca juga: Makanan yang Mengandung Antioksidan untuk Kesehatan Tubuh

Produk Terkait

Leave a Reply