Skip to main content

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Kamu tentu sudah sangat familiar dengan antioksidan bukan? Sifat molekul yang diduga mampu melawan radikal bebas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Informasi selengkapnya, simak manfaat antioksidan berikut.

1. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan komplikasi hingga kematian. Untuk itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan mampu mencegah penyakit ini.

Sifat antioksidan yang dimiliki oleh polifenol memiliki peran penting untuk mencegah timbulnya penyakit ini. Peradangan internal yang bisa memicu penyakit jantung dapat dikurangi dengan mencegah oksidasi lemak.

Begitu pula, sifat molekul ini bisa kamu temui pada buah dan sayuran yang mengandung vitamin E. Hasil penelitian oleh Women’s Health Study menunjukkan manfaat vitamin E mampu menurunkan risiko kematian karena penyakit kardiovaskular.

2. Mencegah Penyakit Saraf

Banyaknya faktor yang membentuk radikal bebas dapat menyebabkan gangguan suasana hati hingga penyakit saraf. Tentu saja, kecemasan, depresi hingga berbagai penyakit neurologis seperti Alzheimer dan parkinson adalah gangguan kesehatan yang harus dicegah.

Untuk itu, kamu disarankan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung sifat ini. Manfaat antioksidan mampu memerangi peradangan saraf akibat gangguan ini. masalah kecemasan dan depresi yang dapat menyerang siapa saja pun bisa diatasi dengan tuntas.

Baca Juga: 7 Gejala Penyakit Jantung yang Sering Diabaikan

3. Menjaga Kesehatan Mata

Sifat molekul antioksidan bisa kamu dapatkan dari berbagai senyawa yang terkandung dalam setiap makanan. Likopen, mangan, lutein, selenium, katekin, polifenol, beta-karoten, zeaxanthin, vitamin A, vitamin C, vitamin E dan vitamin K adalah beberapa diantaranya.

Jika kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung perpaduan nutrisi zat tersebut, manfaat penting untuk kesehatan bisa didapatkan dengan mudah. Penelitian AREDS menemukan kombinasi seng, beta-karoten, vitamin C dan vitamin K memberikan perlindungan makula mata lansia.

Hal ini berasal dari sifat molekul antioksidan yang memiliki peran aktif untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, antioksidan yang terbentuk dari vitamin A  bahkan mampu mengatur pigmen dalam retina untuk melindungi kerusakan mata dan mempertahankan fungsi penglihatan.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit merupakan salah satu organ yang sangat rentan. Dengan mendapatkan manfaat antioksidan, kerusakan fotooksidasi akibat paparan sinar ultraviolet ini mempu ternetralisir dengan baik. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kerusakan DNA kulit dan sel yang menyebabkan penuaan dini.

Perpaduan astaksantin, beta-karoten dan vitamin E menjadi kombinasi antioksidan yang paling kuat. Kulit dijamin tampak lebih cerah, mencegah kanker kulit, mengurangi melasma, meringankan psoriasis dan mencegah penyakit kulit lainnya.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kondisi tubuh manusia sangat rentan terhadap radikal bebas dan membutuhkan oksigen untuk bernafas. Sayangnya, oksigen yang memiliki kandungan energi tinggi nyatanya dapat mempercepat produksi radikal bebas dan membahayakan sistem kekebalan tubuh.

Untuk itu, kamu perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung sifat molekul antioksidan dalam mencegah masalah ini. Spirulina dan astaxanthin yang memiliki sifat tersebut diduga mampu melindungi sel dan DNA sel dari mutasi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 6 Makanan Penambah Imunitas Tubuh untuk Nutrisi Harian

6. Menjaga Kesehatan Hati

Selanjutnya, hati adalah organ penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain memelihara keseimbangan metabolisme, organ ini menjadi detoksifikasi utama. Untuk itu, kamu perlu menjaga kesehatan hati dengan mendapatkan manfaat antioksidan.

Lazimnya, kamu dapat memanfaatkan zat yang memiliki sifat ini untuk melindungi kesehatan hati. Perpaduan senyawa naringenin (jeruk), curcumin (temulawak) dan quercetin (apel dan bawang) telah dipelajari secara klinis untuk memberikan perlindungan tersebut.

 

Manfaat Mengonsumsi Kandungan Antioksidan

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa dengan sifat ini. Mengkonsumsi sayuran dan buah dengan kandungan antioksidan lebih disarankan daripada mengkonsumsi suplemen pembantu.

Atlas Health adalah apotek online di Indonesia yang menjual berbagai kebutuhan vitamin, obat-obatan dari OTC, kronis, ethical, vitamin hingga suplemen dan multivitamin untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Konsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh saat pandemi seperti ini adalah hal yang patut diperhatikan. Pembelian berbagai vitamin hingga resep obat dapat Anda lakukan di Atlas Health dengan mudah, aman dan nyaman. Sebelum membeli, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu.

 

Referensi:

Produk Terkait

Leave a Reply