Skip to main content

Makanan yang Mengandung Antioksidan untuk Kesehatan Tubuh

Tak cukup mengkonsumsi suplemen, antioksidan alami yang diperoleh dari makanan sehat lebih disarankan untuk menghadirkan manfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa saja makanan yang mengandung antioksidan? Berikut selengkapnya.

1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran favorit karena kaya akan kandungan folat, masalah kelelahan, stres, depresi hingga insomnia dapat diatasi dengan tuntas melalui mengkonsumsi makanan yang satu ini.

Lebih dari itu, bayam nyatanya sangat kaya akan mineral, vitamin dan antioksidan. Takaran 100 gram bayam mampu menghadirkan 0,9 mol antioksidan berjenis zeaxanthin dan lutein. Kedua jenis sifat molekul tersebut sangat baik untuk kesehatan mata.

Meski demikian, kamu perlu memilih sayuran bayam terbaik agar terhindar dari keracunan makanan. Bayam segar yang tidak cacat dan mencucinya dengan bersih adalah cara terbaik dalam memilih sayuran dengan kandungan antioksidan tinggi ini.

2. Daun Kale

Kamu bisa memilih daun kale sebagai makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Daun kale termasuk sayuran hijau bergizi yang kaya akan vitamin. Beberapa diantaranya vitamin A, vitamin C dan vitamin K.

Hasil penelitian National Center for Biotechnology Information menunjukkan bahwa daun kale memiliki kandungan antioksidan 2 kali lipat dalam 3,5 ons jika dibandingkan dengan kangkung merah. Menariknya, sayuran ini memiliki kalsium nabati yang baik untuk kesehatan tulang.

Baca Juga: 6 Manfaat Grapeseed Oil untuk Kecantikan Kulit

3. Cokelat Hitam

Cokelat mungkin terkenal sebagai makanan yang kurang sehat untuk dikonsumsi. Nyatanya, jenis coklat hitam memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Mengetahui hal ini, kamu sangat disarankan untuk memilih jenis cokelat ini dibandingkan dengan cokelat susu.

Cokelat hitam diduga memiliki kandungan kadar gula yang rendah dibandingkan dengan jenis coklat lainnya. Bahkan, makanan ini memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan risiko diabetes.

Takaran cokelat hitam sebanyak 100 gram memiliki 15 mmol antioksidan. Skor kandungan antioksidan sebanyak 20,816 ORAC mampu melebihi dalam porsi yang sama. Tak ayal jika cokelat hitam termasuk makanan yang mengandung antioksidan tinggi.

4. Ubi Jalar

Selanjutnya, kamu bisa memilih ubi jalar sebagai makanan dengan kandungan tinggi antioksidan. Perpaduan nutrisi penting seperti serat, kalium, kalsium, vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C memberikan manfaat penting bagi kesehatan tubuh.

Perubahan nutrisi beta-karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A setelah dikonsumsi membuat makanan ini sangat kaya akan antioksidan. Kamu bahkan bisa menambahkan minyak zaitun ketika menyajikan makanan ini untuk meningkatkan penyerapan beta-karoten.

5. Strawberry

Mengkonsumsi buah strawberry juga sangat direkomendasikan untuk mendapatkan manfaat antioksidan. Buah yang terasa masa mini sangat tinggi akan kandungan vitamin C yang menjadi bentuk antioksidan dalam meningkatkan sistem imun, mencegah anemia dan kekenyalan kulit.

Sekitar 100 gram strawberry diduga memiliki 80 mg vitamin C. Menariknya, buah strawberry memiliki kandungan antioksidan lain yang terdapat pada nutrisi polifenol. Dengan kandungan tersebut, para peneliti banyak menduga bahwa buah ini mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca Juga: 4 Manfaat Folic Acid bagi Pria, Apa Saja?

6. Beras Merah

Kamu bisa mengkonsumsi beras merah untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Makanan yang mengandung antioksidan ini dihadirkan dalam senyawa flavonoid yang disebut antosianin. Kandungan tersebut lebih besar 10% dibandingkan dengan buah yang berwarna gelap.

Publikasi International Journal of Food Science and Nutrition menunjukkan beras merah memiliki nutrisi yang kaya akan serat, polifenol esensial dan asam fitat. Tak ayal jika makanan ini memiliki manfaat baik untuk kesehatan.

 

Makanan yang Mengandung Antioksidan untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa makanan dengan kandungan antioksidan yang sangat disarankan untuk kamu. Selaian untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imun, makanan tersebut mampu menurunkan risiko penyakit berbahaya.

Atlas Health adalah apotek online di Indonesia yang menjual berbagai kebutuhan vitamin, obat-obatan dari OTC, kronis, ethical, vitamin hingga suplemen dan multivitamin untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Konsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh saat pandemi seperti ini adalah hal yang patut diperhatikan. Pembelian berbagai vitamin hingga resep obat dapat Anda lakukan di Atlas Health dengan mudah, aman dan nyaman. Sebelum membeli, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu.

 

Referensi:

Produk Terkait

Leave a Reply