Skip to main content

Makanan Sumber Energi yang Cocok untuk Diet

Menjaga asupan nutrisi di dalam tubuh adalah hal yang penting. Dengan begitu, kesehatannya dapat terjaga dengan optimal. Tidak heran apabila saat ini banyak orang mulai bergerak untuk melakukan pola hidup sehat demi kualitas hidup yang lebih baik. 

Tren diet untuk menjaga berat badan tubuh yang ideal juga ikut berkembang. Alhasil, berbagai informasi terkait dengan hal tersebut mulai dicari. Bahkan ulasan tentang daftar makanan sumber energinya juga ikut membuat penasaran. Untuk itu, yuk simak informasinya di sini!

1. Gandum dan Beras Merah

Tubuh sangat membutuhkan energi agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Salah satu komponen penting yang harus terpenuhi adalah karbohidrat. Bagi anda yang sedang berdiet, lebih baik pilih jenis yang sifatnya karbo kompleks.

Beberapa makanan yang tergolong di dalamnya adalah gandum dan beras merah. Mereka mengandung serat yang lebih sulit dan lama dicerna oleh tubuh. Hal inilah yang kemudian membuat energi tetap bertambah tanpa cepat merasa lapar.

Belum lagi beras merah dilansir mengandung zinc dan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan varietas padi yang lain. Sedangkan, gandum juga dipenuhi dengan senyawa antioksidan seperti asam fitat, stanol, polifenol, dan sterol yang ampuh jaga tubuh dari efek radikal bebas. 

2. Buah dan Sayur

Buah dan sayur menjadi salah satu alternatif makanan sumber energi bagi para pelaku diet. Mereka kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Dengan begitu, pengonsumsinya akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Beberapa komoditas yang cocok sebagai santapan kala diet adalah apel, alpukat, bayam, brokoli, dan jamur. Mereka memiliki kalori yang rendah, belum lagi kandungan seratnya yang baik untuk menurunkan resiko wasir dan penyakit usus besar.

Baca Juga: 6 Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan Tubuh Sehari-Hari

3. Telur

Telur bisa menjadi pilihan lauk bagi orang yang sedang berusaha mengurangi berat badan. Tentu asupannya harus tetap diperhatikan, karena konsumsi yang terlalu banyak tidak akan memberikan hasil yang maksimal. 

Cara yang paling baik untuk memasaknya adalah dengan direbus. Agar tidak bosan metode mengolahnya juga bisa dilakukan dengan cara dipanggang, namun tanpa tambahan saus atau mentega karena bahan tersebut dapat menambah kalori dalam olahan. 

Berdasarkan hasil penelitian, bahan ini dikabarkan mengandung kolin yang dapat membantu proses pencernaan lemak. Selain itu, makanan sumber energi ini juga mengandung adiponectin yang dapat meningkatkan metabolisme apabila bahan tersebut diolah dengan cara direbus. 

4. Daging Rendah Lemah

Daging rendah lemak bisa menjadi alternatif hidangan yang aman dikonsumsi saat sedang diet. Daging yang dimaksud di sini bukan hanya yang berasal dari sapi, namun dari sumber hewani lain seperti ayam.

Apabila ingin mengkonsumsi daging tersebut, pilihlah yang bagian dada karena paha atau sayap mengandung lemak yang lebih banyak. Sedangkan, cara mengolahnya yang paling baik adalah dengan dipanggang. 

Sangat disayangkan apabila asupan nutrisi sudah diatur namun tidak disertai dengan olahraga yang teratur. Kegiatan ini akan membuat tubuh menjadi lebih fit dan tidak mudah lemas. Selain itu, aktivitas tersebut dapat membantu penurunan berat  badan dengan lebih efektif.

Baca Juga: 7 Gejala Penyakit Jantung yang Sering Diabaikan

5. Ikan

Konsumsi ikan memiliki banyak manfaat. Bahan makanan ini kaya akan omega 3 yang berfungsi sebagai lemak esensial bagi tubuh. Komponen tersebut penting untuk pembentukan sel sehingga harus terkandung dalam makanan sumber energi yang disantap.

 

Perhatikan Asupan Nutrisi yang Cocok

Berbagai bahan olahan mulai dari gandum, beras, buah, sayur, telur, daging, dan ikan memiliki berbagai nutrisi yang baik dan cocok untuk mendukung proses pembentukan tubuh yang ideal. Meskipun begitu, asupannya pun harus diperhatikan agar program diet berjalan lancar.

Atlas Health adalah apotek online di Indonesia yang menjual berbagai kebutuhan vitamin, obat-obatan dari OTC, kronis, ethical, vitamin hingga suplemen dan multivitamin untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Konsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh saat pandemi seperti ini adalah hal yang patut diperhatikan. Pembelian berbagai vitamin hingga resep obat dapat Anda lakukan di Atlas Health dengan mudah, aman dan nyaman. Sebelum membeli, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu.

 

Referensi:

Produk Terkait

Leave a Reply