Skip to main content

5 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil, Ketahui Ini Syaratnya!

Makanan sehat untuk ibu hamil tentunya penting untuk menjaga janin agar tetap sehat. Tumbuh kembang janin di dalam kandungan sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibunya. Inilah alasan mengapa wanita yang sedang hamil tidak boleh makan makanan dengan sembarangan.

Dalam fase kehamilan, seorang ibu harus memenuhi kebutuhan asam folat, kalsium, dan zat besi di dalam tubuhnya. Disamping itu, terdapat beberapa hal terkait dengan aturan makanan yang harus dipatuhi oleh mereka. Berikut adalah 5 tips memilih makanan sehat untuk ibu hamil.

1. Wajib Matang Sempurna

Memang benar bahwa beberapa makanan jauh lebih lezat apabila dihidangkan dalam kondisi mentah atau setengah matang. Contohnya adalah ikan, daging, dan telur. Sayangnya, jenis makanan ini tidak baik untuk ibu hamil.

Makanan yang tidak dimasak hingga matang sempurna berpotensi mengandung parasit dan bakteri. Mikroorganisme tersebut berpeluang menyebabkan infeksi atau gangguan serius pada perkembangan janin. 

Pantangan semacam ini sifatnya sangat penting untuk diperhatikan. Sangat disayangkan apabila ibu yang sedang mengandung tidak memperdulikan hal tersebut. Apabila terus dilakukan, bukan tidak mungkin tumbuh kembang anak menjadi terganggu. 

Baca juga: Manfaat Asam Folat Bagi Wanita yang Ingin Hamil

2. Melalui Proses Pasteurisasi

Pasteurisasi merupakan sebuah tahapan pemasakan makanan dengan cara dipanaskan menggunakan suhu sekitar 63 derajat selama 30 menit dengan tujuan untuk membunuh bakteri merugikan. Proses tersebut dapat memproduksi makanan sehat untuk ibu hamil.

Produk yang kerap kali diolah dengan cara ini adalah susu. Apabila di rumah tidak ada hasil pasteurisasi, maka ibu hamil boleh mengkonsumsi susu tetapi harus direbus terlebih dahulu. Langkah ini sangat penting karena produk tersebut bisa saja mengandung bakteri berbahaya. 

Mikroorganisme di dalam produk ini dapat menyebabkan keguguran, bayi lahir dalam kondisi meninggal, atau bahkan mengidap penyakit serius setelah dilahirkan. Oleh karena itu, sebisa mungkin seorang ibu harus berhati hati memilih makanannya. 

3. Kaya Karbohidrat Berserat Tinggi

Karbohidrat merupakan sumber energi utama dalam tubuh manusia. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa komponen tersebut sangat penting bagi ibu hamil. Ada baiknya, bunda yang sedang mengandung mengkonsumsi karbo yang bersifat kompleks.

Beberapa sumber karbohidrat itu adalah nasi merah, gandum, kentang, dan oatmeal. Makanan sehat untuk ibu hamil ini mampu membuat mereka merasa kenyang lebih lama karena nutrisinya dilepas secara perlahan.

4. Rendah Mengandung Gula dan Lemak

Gula dan lemak tergolong dalam nutrisi yang diperlukan bagi seorang ibu dan janinnya. Akan tetapi, jumlahnya yang berlebihan juga tidak baik untuk mereka. Komponen tersebut terdapat dalam cemilan kemasan yang kerap dikonsumsi saat santai.

Ada baiknya, seorang ibu hamil mengganti cemilannya dengan buah buahan seperti apel, mangga, dan alpukat. Agar tidak bosan, bahan bahan tersebut bisa diolah dengan cara dijus sehingga lebih bervariasi. 

5. Hindari Jenis Makanan Cepat Saji

Selama mengandung, ada baiknya seorang ibu tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan fast food. Kurangi juga kebiasaan menyantap produk olahan seperti sosis, nugget, dan bakso karena mereka mengandung pengawet dan senyawa nitrat.

Komponen tersebut tidak baik apabila terakumulasi di dalam tubuh. Makanan sehat untuk ibu hamil lebih baik berupa bahan bahan segar saja. Dengan begitu, asupan vitamin dan unsur mikro lainnya jauh lebih alami untuk kesehatan diri dan juga si kecil.

Ibu yang hamil akan terus sehat dan aman apabila mengkonsumsi makanan yang matang, telah dipasteurisasi, dan mengandung karbo kompleks. Selain itu, jangan lupa untuk menghindari berbagai produk yang termasuk jenis makanan cepat saji dan tinggi gula serta lemak. 

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil untuk Janin Sehat 

Vitamin untuk daya tahan tubuh saat pandemi adalah hal yang penting untuk membuat tubuh tetap sehat. Namun, ada beberapa vitamin yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Maka itu, saat sedang hamil ada baiknya berkonsultasi dulu jika ingin menggunakan obat-obatan. 

Amannya bagi Ibu hamil selain mengkonsumsi makanan bergizi dan sehat setiap hari, Anda perlu juga mengkonsumsi berbagai nutrisi yang berasal dari suplemen khusus untuk ibu hamil. Salah satunya yang sering digunakan adalah Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold. 

Atlas Health adalah apotek online yang melayani berbagai pemesanan obat hingga multivitamin. Temukan cara mudah, nyaman, dan aman dalam membeli obat via online di Atlas Health. Anda dapat berkonsultasi dengan layanan 24 jam online chat milik Atlas Health. 

Baca juga: Macam-macam Blackmores dan Manfaatnya Hingga Kandungannya

Referensi:

Produk Terkait

Leave a Reply