Skip to main content

Gejala Penyakit Jantung yang Jarang Disadari

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang mengganggu organ jantung dan mengakibatkan kinerjanya tidak baik. Gangguan yang dialami pun bisa bermacam macam dan tanpa disadari.

Bahkan ada beberapa jenis penyakit jantung yang ciri cirinya hampir serupa dengan penyakit lain. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengenal lebih dalam gejala penyakit jantung yang kerap diabaikan. Berikut ulasan detailnya!

1. Rasa Yang Tidak Nyaman di Area Sekitar Dada

Bagi kamu yang sering mengalami rasa tidak nyaman pada bagian dada, maka sebaiknya perlu waspada. Sebab, kondisi ini menjadi salah satu ciri atau gangguan pada organ jantung. Rasa nyeri ini biasanya menunjukkan terjadinya sumbatan di bagian arteri. 

Pengidap akan merasakan sesak, tekanan di bagian dada, sesak, sampai sensasi yang terbakar. Gejalanya pun akan timbul beberapa saat saja pada waktu tertentu. Misalnya saat melakukan aktivitas berat atau saat sedang beristirahat. 

Apabila rasa tidak nyaman ini timbul sesekali, maka kamu tak perlu khawatir. Namun jika kondisi tersebut terjadi secara berulang ulang dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama, segera konsultasikan ke dokter. 

2. Nyeri yang Menjalar hingga Bagian Lengan

Gejala penyakit jantung selanjutnya yang patut diwaspadai yaitu nyeri dari dada yang menyebar ke sisi tubuh bagian kiri. Beberapa penderita penyakit jantung akan mengeluhkan sakit di sekitar dada sebelah kiri dan merasakan nyeri hingga ke bagian lengan.

Baca Juga: 6 Makanan Penambah Imunitas Tubuh untuk Nutrisi Harian

3. Merasa Mual atau Sakit Perut

Beberapa orang kerap merasa mual ketika mengalami gangguan pada organ jantung. Tentu saja tidak semua gejala mual, muntah dan sakit perut dikenali sebagai penyakit jantung yang cukup berbahaya. 

Namun jika merasakan kondisi tersebut, maka kamu perlu mewaspadainya. Gangguan kesehatan ini juga menjadi salah satu gejala dari sakit jantung yang diderita. Maka dari itu, jangan sampai mengabaikan kondisi tersebut. 

4. Sakit pada Bagian Rahang atau Tenggorokan

Sebagian orang beranggapan sakit di bagian rahang atau tenggorokan tidak ada hubungannya dengan penyakit jantung. Bahkan beberapa di antaranya menduga jika sakit di bagian tersebut disebabkan oleh pilek, sinus, dan otot kaku. 

Padahal gejala tersebut bisa menandakan jika kamu memiliki penyakit jantung. Apalagi jika  gejala penyakit jantung ini diikuti dengan sakit di bagian dada lalu nyerinya menyebar hingga tenggorokan atau rahang. Bisa jadi, hal ini merupakan tanda atau ciri serangan jantung. 

5. Merasa Pusing atau Pingsan Seketika

Banyak hal yang dapat memicu tubuh kehilangan kesadaran atau keseimbangan (pingsan). Hal ini bisa terjadi karena berdiri terlalu lama, terlalu kelelahan, atau tubuh yang kurang mendapatkan asupan bernutrisi. 

Namun jika kamu merasa tubuh yang tiba tiba tidak stabil dan disertai dengan rasa tidak nyaman di bagian dada, maka perlu mencurigainya. Bisa saja tekanan darah turun karena jantung tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Baca Juga: 6 Vitamin Otak yang Dibutuhkan untuk Kesehatan Otak

6. Mudah Kelelahan

Apabila kamu merasa mudah lelah padahal tidak sedang berolahraga atau melakukan pekerjaan berat, maka perlu menemui dokter. Pasalnya, beberapa penderita penyakit jantung merasakan gejala lelah dan timbul selama berhari hari. 

7. Beberapa Bagian Tubuh Mengalami Pembengkakan

Kondisi tubuh yang bengkak juga menjadi tanda tanda bahwa jantung tidak normal. Hal ini dikarenakan jantung tidak dapat memompa darah dengan lancar. Ketika jantung tidak bekerja dengan baik, maka darah  cepat kembali ke pembuluh darah. 

Kondisi inilah yang menyebabkan beberapa bagian tubuhmu menjadi bengkak. Maka dari itu, kamu harus mewaspadai berbagai kondisi yang berkaitan dengan gejala penyakit jantung. Dengan begitu, bisa segera ditangani sesuai prosedur yang semestinya.

 

Kenali Gejala Penyakit Jantung

Jantung yang tidak normal ditandai dengan beberapa gejala yang cukup berbahaya. Mulai dari nyeri bagian dada, mual atau muntah, pingsan, hingga rasa sakit yang menjalar ke beberapa bagian tubuh dan lain sebagainya. 

Atlas Health adalah apotek online di Indonesia yang menjual berbagai kebutuhan vitamin, obat-obatan dari OTC, kronis, ethical, vitamin hingga suplemen dan multivitamin untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Konsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh saat pandemi seperti ini adalah hal yang patut diperhatikan. Pembelian berbagai vitamin hingga resep obat dapat Anda lakukan di Atlas Health dengan mudah, aman dan nyaman. Sebelum membeli, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu.

 

Referensi:

Produk Terkait

Leave a Reply