Skip to main content

Fungsi vitamin E ternyata tidak kalah penting dengan berbagai fungsi vitamin lainnya. Di saat Pandemi seperti ini, sudah bukan cerita baru bahwa tubuh manusia sangat memerlukan suplemen vitamin untuk bekerja. Salah satu jenis vitamin yang tak kalah penting adalah vitamin E. Lantas bagaimana fungsi vitamin E bagi tubuh? Simak selengkapnya disini.


1. Mencegah Penuaan Dini


Fungsi vitamin E dikenal sebagai vitamin yang memiliki segudang manfaat bagi kulit. Ternyata hal tersebut memang benar adanya. Vitamin E mengandung antioksidan sehingga dapat menjaga kekencangan kulit. 

Tidak heran apabila berbagai kosmetik selalu mengunggulkan manfaat vitamin E di dalam formulanya.  Bahkan vitamin ini dapat mencegah munculnya kerutan halus di kulit yang kerap dikenal sebagai tanda penuaan dini.

Baca juga: Tak Hanya Lezat, Inilah Manfaat Ikan Kembung yang Kaya akan Gizi


2. Mengatasi Hiperpigmentasi


Masih berhubungan dengan permasalahan kulit, vitamin E ternyata mampu mengatasi gejala hiperpigmentasi. Bagi yang belum tahu, hiperpigmentasi merupakan gejala saat kulit memproduksi terlalu banyak melanin.

Produksi melanin yang tidak rata dapat menyebabkan timbulnya flek atau bercak hitam pada permukaan kulit. Tentu hal ini mengganggu kecantikan kulit manusia. Kondisi ini dapat diatasi dengan menggunakan obat oles yang mengandung vitamin E di dalamnya.

Flek hitam akibat hiperpigmentasi dapat hilang dengan lebih cepat apabila vitamin E dikombinasikan dengan vitamin C. Memang fungsi vitamin E dapat lebih terasa apabila dibantu vitamin C. Keduanya akan bersinergi dan memudarkan flek hitam dengan lebih cepat. 

Manfaat konsumsi vitamin C  juga terdapat dalam makanan sehari-hari Anda seperti jeruk, brokoli, bayam sawi dan cabai. Untuk menghindari penuaan pada kulit, maka ada baiknya untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari.  


3. Menunjang Kesehatan Mata


Mata merupakan salah satu alat indera paling penting yang dimiliki manusia. Tidak heran apabila menjaga kesehatan organ tersebut sangat diperlukan. Jangan sampai kamu mengalami gangguan yang menyebabkan penurunan kemampuan melihat.

Salah satu zat yang dapat menunjang kesehatan mata adalah vitamin E. Memang vitamin A lah yang memiliki peran penting terkait dengan kesehatan mata. Meskipun begitu, sebuah  penelitian menyebutkan bahwa vitamin E dapat ikut menjaga kesehatan retina dan kornea.

Menurunnya fungsi mata menjadi penanda penuan dini yang kerap muncul. Oleh karena itu, lebih baik mencegahnya sedini mungkin agar kemampuan melihat tidak menurun seiring bertambahnya usia.

Bukan hanya untuk orang dewasa, ternyata vitamin E dapat digunakan untuk mengobati kelainan mata sejak lahir. Akan tetapi, konsultasikan kepada dokter terkait dengan hal tersebut. Fungsi vitamin E ini baru bisa dirasakan apabila dikonsumsi sesuai dosis dan anjuran dokter.  


4. Membantu Mengatasi Gangguan pada Saraf


Gangguan saraf memiliki berbagai penyebab. Siapa sangka jika ternyata hal tersebut dapat diatasi dengan konsumsi vitamin E. Beberapa penyakit yang dapat dibantu dengan pemberian vitamin E adalah alzheimer dan epilepsi.

Penderita alzheimer akan mengalami perlambatan penurunan daya ingat setelah rutin mengkonsumsi vitamin E. Selain itu, vitamin ini dapat mencegah kerusakan jaringan akibat efek dari obat obatan tertentu.

Konsumsi obat memang menjadi jalan yang harus dilakukan bagi orang yang sakit. Meskipun begitu, obat tetap kana memberikan efek samping yang tidak baik apabila dikonsumsi terus menerus. Obat ini dapat merusak jaringan saraf tepi.


5. Menghaluskan dan Melembutkan Kulit Bibir


Bibir pecah pecah kerap kali menjadi kendala yang dialami kebanyakan orang. Gangguan ini sebenarnya bukanlah penyakit yang serius. Akan tetapi membuat penderitanya merasa tidak nyaman karena bibir pecah pecah dapat mengganggu penampilan.

Siapa sangka jika salah satu fungsi vitamin E adalah mengatasi masalah kulit bibir yang kering. Cara penggunaannya juga dapat dilakukan dengan cara oles. Tidak heran apabila saat ini banyak produk lipbalm yang mengandung vitamin E.


Pentingnya Vitamin E bagi Tubuh


Secara umum vitamin E menjadi komponen penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mulai dari organ dalam hingga bagian kulit yang merupakan lapisan terluar tubuh membutuhkannya. Konsumsi vitamin E harian sangat penting untuk dijaga dan tentunya tidak boleh berlebihan.

Atlas Health sebagai apotek resmi di Indonesia dengan produk terlengkap mulai dari obat OTC, kronis, ethical, vitamin, hingga suplemen siap membantu kebutuhanmu!

Konsultasikan kebutuhan obat, vitamin, serta suplemenmu dengan Atlas Health secara mudah, aman, dan nyaman sekarang juga!

Baca juga: 5 Manfaat Glukosamin untuk Penuhi Kebutuhan Tubuh

Leave a Reply