Skip to main content

6 Ciri-ciri Kolesterol Tinggi Pada Tubuh yang Terkadang Tidak Disadari

Kolesterol merupakan jenis lemak yang ada di jaringan tubuh. Dimana kolestrol ini sebenarnya memiliki peran yang cukup penting untuk fungsi esensial tertentu. Namun jika kadarnya tidak normal atau terlalu tinggi, maka bisa jadi berbahaya.

Kolesterol yang jumlahnya terlampau banyak di dalam darah, bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi mengeras atau menyempit. Jika dibiarkan, tubuh bisa mengalami komplikasi berbahaya. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri kolesterol tinggi pada tubuh agar dapat segera diatasi.

Sakit Kepala dan Pegal Pegal

Tanda dari kadar kolesterol yang tinggi memang acap kali sulit untuk dikenali, mengingat bahwa penyakit satu ini tidak menunjukkan gejala khas. Banyak yang mengetahuinya setelah mengalami komplikasi, seperti terjadinya serangan jantung atau stroke.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui tanda sekecil apapun. Dimana salah satunya cirinya yaitu badan terasa pegal pegal hingga sakit kepala. Sebab kadar kolesterol yang tinggi, membuat darah menjadi mengental dan lemak dalam darah pun akhirnya menumpuk pada dinding pembuluh darah.

Penyempitan saluran darah membuat pasokan oksigen menjadi berkurang, termasuk oksigen yang disalurkan ke otak. Hal ini tak jarang membuat seseorang mengalami sakit kepala hingga badan pegal pegal. Sehingga hal tersebut bisa menjadi salah satu ciri ciri kolesterol naik.

Baca juga: Makanan yang Mengandung Antioksidan untuk Kesehatan Tubuh

Lingkaran Putih pada Kornea Mata

Ciri-ciri kolesterol dapat Anda temukan pada mata. Munculnya lingkaran putih pada kornea mata juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa kadar kolesterol di dalam tubuh meningkat. Dimana gejala satu ini lebih banyak muncul pada penderita dengan usia di atas 50 tahun atau di bawah 30 tahun.

Namun tentu saja kamu tidak dapat menjadikan lingkaran putih di kornea mata ini sebagai patokan utama. Kendati demikian, jika menemukan kondisi seperti ini maka ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan kadar kolesterol.

Bercak Kuning pada Bagian Bawah Kelopak Mata

Tidak hanya di bagian kornea mata saja, kamu juga bisa menemukan ciri ciri kolesterol meningkat pada bagian bawah kelopak mata. Umumnya akan muncul bercak kuning pada bagian bawah kelopak mata atau xanthelasma, ketika kolesterol naik.

Biasanya yang mengalami tanda satu ini adalah mereka yang memiliki usia di bawah 30 tahun. Meski tidak menutup kemungkinan bahwa bercak kuning di bawah kelopak mata muncul karena seseorang dalam kondisi tidak sehat, karena penyakit lainnya.

Nyeri pada Bagian Kaki

Kadar kolesterol yang tinggi membuat terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah di bagian kaki, yang mengakibatkan kaki terasa sakit atau nyeri. Ini juga menjadi asal usul rasa lelah yang disebabkan oleh kolesterol tinggi, sehingga nyeri kaki sering disebut sebagai salah satu ciri-ciri kolesterol. 

Suka Mengantuk

Ciri-ciri kolesterol yang umum adalah suka mengantuk. Apabila kamu sering merasa mengantuk meskipun sudah tidur dengan cukup, bisa jadi ini merupakan salah satu tanda bahwa kolesterol di dalam tubuh tengah meningkat. Karena suka mengantuk ini kerap kali dikaitkan dengan asupan oksigen ke otak yang berkurang.

Sehingga, sering merasa mengantuk disebut sebut sebagai salah satu dampak tidak langsung dari kondisi kolesterol tinggi yang membuat sumbatan pada pembuluh darah. Biasanya keluhan sering mengantuk tersebut seringkali dibarengi dengan mudah lelah.

Kesemutan

Tidak hanya terasa nyeri semata, ciri ciri kolesterol tinggi juga bisa terlihat pada kondisi kesemutan. Ini terjadi karena aliran darah yang tidak lancar dan menggumpal, terutama pada bagian ekstremitas, baik itu area tangan maupun area kaki.

Meski ciri ciri di atas cukup umum terjadi karena faktor lainnya, namun tidak ada salahnya untuk segera melakukan pemeriksaan kadar kolesterol jika cukup sering mengalaminya. Upaya ini tentu lebih baik, dibandingkan menunggu terjadi komplikasi penyakit berbahaya akibat kolesterol tinggi.

Cegah Kolesterol Tinggi Sejak Dini 

Ciri-ciri kolesterol sudah menjadi pengetahuan umum yang wajib dikenali. Dengan mengetahuinya, kamu bisa menjadi lebih waspada. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat dan mengandung gula serta lemak trans seperti goreng-gorengan. Konsumsi makanan sehat hingga multivitamin yang mengandung magnesium. Ini akan membantu Anda sebagai wanita. 

Atlas Health adalah apotek online yang menyediakan berbagai obat dan multivitamin yang dapat berguna untuk kebutuhan tubuh Anda. Layanan konsultasi 24 jam selalu tersedia untuk Anda. Konsultasikan sekarang juga kebutuhan multivitamin dan obat Anda sekarang! Nikmati cara mudah, aman dan nyaman membeli obat tanpa perlu khawatir.

Baca juga:  Inilah Daftar Vitamin Otak yang Harus Dipenuhi Setiap Harinya

Produk Terkait

Leave a Reply