Skip to main content

5 Cara Mengatasi Susah Tidur Tanpa Bantuan Obat-Obatan

Cara mengatasi susah tidur biasanya dibutuhkan konsultasi dan obat-obatan untuk membantu proses penyembuhan. Kita tahu bahwa tidur adalah proses paling penting yang dianggap ampuh untuk melindungi tubuh agar dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal.

Sedangkan orang yang mengalami kurang tidur, bisa memicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya. Namun sayangnya, banyak orang yang justru mengalami kondisi susah tidur atau insomnia. Jika mengalami hal serupa, ada baiknya mengetahui cara mengatasi susah tidur berikut ini. Ingin tahu? Berikut informasi lengkapnya.

1. Bersiap Tidur Ketika Sudah Benar Benar Mengantuk

Sebagian orang mengakui bahwa mereka mencoba untuk terlelap lebih awal pada sekitaran jam 7 hingga jam 8 malam. Tetapi sayangnya, mereka hanya berbaring saja tanpa memejamkan mata.

Untuk menyiasatinya, anda perlu untuk mengatur jadwal tidur ketika sudah benar benar merasakan ngantuk. Jika biasanya baru merasakan kantuk pukul 9 malam, maka hindari untuk bersiap tidur dari pukul 7 malam. 

Anda harus mencoba untuk bersiap siap tidur saat sudah merasakan ngantuk yang berlebih. Dengan demikian, maka lama kelamaan tubuh akan memperoleh sinyal untuk bisa terlelap di tempat tidur tepat waktu. 

Baca juga: Daftar Makanan Yang Bergizi, Makanan Lezat Untuk Penuhi Kebutuhan Sehari-Hari

2. Hindari Tidur Di Sofa

Memiliki sofa nyaman terkadang menjadi godaan tersendiri, dimana anda selalu ingin bersantai di sofa ketimbang di atas tempat tidur. Padahal kegiatan tersebut tidak dianjurkan, karena untuk menerapkan cara mengatasi susah tidur sebaiknya menghilangkan kebiasaan tidur di sofa. 

Jika merasa kesusahan melepaskan kebiasaan tersebut, anda juga bisa mencoba cara lain untuk membantu waktu tidur lebih teratur dan nyaman. Diantaranya melakukan olahraga ringan sebelum tidur. Karena semakin aktif seseorang, maka semakin nyenyak juga tidur malamnya. 

3. Meninggalkan Kamar Tidur Sejenak

Apakah anda sering terbangun di malam hari dan tidak dapat tertidur lagi? Jika iya, disarankan untuk tidak memaksakan diri agar segera tidur kembali. Ada baiknya anda bangun dan pindah ke ruangan lainnya dan melakukan sesuatu yang menyenangkan.

Misalnya saja seperti membaca, menikmati biskuit lezat dan menyantap buah segar yang berada di meja makan. Lakukan beberapa kegiatan tersebut hingga anda mulai siap untuk kembali tidur. 

4. Buat Suasana kamar Menjadi Lebih Nyaman

Umumnya beberapa orang memiliki suasana kamar yang justru membuatnya menjadi susah tidur. Contohnya seperti kamar yang terlalu terang, bising, dan terlalu panas atau dingin. Sehingga untuk cara mengatasi susah tidur yang efektif, anda bisa mengubah suasana kamar. 

Disarankan Ketika sudah memasuki jam tidur, hindari menyalakan lampu penerangan secara berlebihan. Sebaliknya, buatlah kamar menjadi lebih gelap dan sejuk. Di samping itu, pilih pula bantal yang nyaman untuk mendukung agar mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. 

5. Membatasi Penggunaan Gadget Di Malam Hari

Cara terakhir yang bisa anda terapkan untuk mengatasi susah tidur atau insomnia, yaitu hindari melakukan aktivitas yang malah membuat anda semakin merasa terjaga. Misalnya saja seperti membuka layar handphone, menonton televisi, ataupun bermain game. 

Patut diketahui, bahwa layar gadget memiliki pancaran sinar blue light yang membuat penggunanya justru semakin terjaga. Blue light sendiri merupakan cahaya pendek yang kerap kali didapatkan dari beberapa alat elektronik. 

Jika anda terus menerus menggunakan gadget, maka kondisi sulit tidur akan terus berlangsung sepanjang malam, bahkan hingga tiba waktu pagi. Maka dari itu, untuk cara mengatasi susah tidur yakni dengan tidak menggunakan gadget saat memasuki waktu tidur. 

Langkah mengatasi susah tidur merupakan beberapa cara yang wajib diterapkan jika anda sering merasakan kondisi susah tidur. Hal ini tidak hanya berfungsi untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh agar lebih maksimal. 

Konsumsi Multivitamin untuk Tubuh Lebih Bugar 

Mengatasi susah tidur dengan melakukan pola hidup sehat yang rutin bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Selain mengatur pola hidup yang baik, Anda juga perlu mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung antioksidan. 

Konsumsi multivitamin saat pandemi juga sangat berguna untuk memberikan proteksi imun tubuh. Juga berguna menghindari tubuh dari berbagai racun dan radikal bebas di udara. Untuk itu, kenali berbagai jenis kebutuhan multivitamin, suplemen hingga obat-obatan yang Anda butuhkan. Konsultasikan kebutuhan dan keperluan vitamin Anda di Atlas Health

Baca juga: Macam-macam Blackmores dan Manfaatnya Hingga Kandungannya

Referensi:

Produk Terkait

Leave a Reply